MEMBUAT GAMBAR MELAYANG PADA BLOG - Agorepost.blogspot.com

Kamis, 13 Mei 2010

6 Tahap Sukses Berwirausaha


Adakalanya kita bosan berpenghasilan tetap (menjadi karyawan), dan ingin tetap berpenghasilan (menjadi wirausaha). nah bagi anda yang ingin merasakan menjadi orang yang tetap berpenghasilah sukses, mungkin tips dan saran berikut bisa membantu banyak. Maaf kalau saya memang bukan seorang ahli bisnis, tapi tidak ada salahnya kan share pengetahuan.

Setiap aku memulai bisnis baru...urutannya seperti ini Ide baru--> Logika Bisnis --> Survey --> perencanaan --> Lakukan (JUST DO IT)--> review

Ide Baru  
ingat semua hal yang bisa dirasakan panca indera bisa jadi uang... jadi buka mata, buka telinga, buka hidung.dll....cobalah memandang sesuatu hal dari berbagai sudut pandang. contoh : kalo kita liat sampah, pasti yang kita rasakan adalah jijik/bau/kotor, coba kalo kita liat dari sudut pandang yg lain, kalo kita bisa bikin usaha buat pengolahan sampah pasti akan laku karena yg menjadi masalah utama perkotaan adalah sampah...dll

Logika Bisnis 
walaupun kita harus berani dalam mengambil kesempatan dan resiko tapi harus tetap melihat logika dan trend yang ada, misal : misal kita menjual sisir di wihara (yang notabene isinya biksu yang rata2 botak) atau menjual Pager (gak bakal laku krn sudah ada HP). selain itu dalam logika bisnis harus dipikirkan bagaimana mendapatkan modal dan cara memutar modal itu sesuai ide kita.

Survey 
Setelah ada ide dan logika maka segera lakukan survey mendalam tentang bahan, tempat, dan pangsa pasar yang akan dituju...dan harus dilakukan sendiri/jangan diwakilkan dan percaya dengan kata orang. survey adalah hal yang paling krusial pada permulaan bisnis.
Contoh : Saat aku putuskan mencoba beli francise makanan, aq survey keliling kota buat beli semua francise yang serupa dari produk frincise makanan yang aq inginkan, aq cicipi rasanya saat masih hangat maupun kalo sudah dingin (dan minta pendapat orang lain juga), cara masak, omset dan lokasi strategis buat jualan. bahkan buat survey lokasi aq sampai seminggu buat puter2 kota, akhirnya baru dapat tempat yang pas. ingat menjual suatu barang paling tepat adalah dimana tempat orang itu paling mencari barang itu.

Perencanaan 
Setelah data dari hasil survey terkumpul baru buat perencanaan angaran, keuangan dan perkiraan bagaimana uang modal dapat diputar hingga bisa profit, dalam tahap ini kita harus mencatat semua perencanaan yang ada.

LAKUKAN (JUST DO IT) 
Tahap paling berat, di tahap ini biasanya temen2 semua pada kurang pede. ingat semua yang diatas (ide, logika, survey, dan perencanaan) tidak berguna kalo anda tidak memulainya/start. semua yang cuma di angan2x gak akan terjadi kalo tidak dimulai, pasti ada suatu saat dimana kita melakukan pertama kali sesuatu hal. Prinsipku kalo kita mau menaklukkan suatu gunung sampai puncak...jika kita cuma memandangi dan membayangkan puncak gunung saja pasti gak bakal nyampai ke atas...jadi yang harus kita lakukan adalah memulai melangkahkan kaki kita satu demi satu dari dasar gunung.

Review 
setelah bisnis dijalankan kita harus melihat kekurangan selama menjalankan bisnis dan cari solusi untuk memecahkan dengan cara seefisien mungkin (trial and error), sebaik apapun perencanaan bisnis kita pasti akan ada kendala. Ingat tahap ini sudah bisa anda lakukan setelah anda memulai bisnis anda (bukan diangan-angan aja).

0 comments:

Posting Komentar

Counter

Website counter

Blog Statistic

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
 
Copyright 2010 © Agonaldo