MEMBUAT GAMBAR MELAYANG PADA BLOG - Agorepost.blogspot.com

Senin, 19 April 2010

Bir Pletok, Bir yang Ga bikin Mabok


Saya mau cerita tentang salah satu Minuman Khas Betawi, secara sekarang saya lagi ada di dekat betawi jadi  gak ada salahnya kalo mau bagi2 info tentang salah satu Minuman Tradisional..
Bir pletok diciptakan sejak Belanda masih bercokol di Indonesia.
Orang-orang Belanda pada saat itu sangat gemar mengonsumsi bir, namun karena di Betawi waktu itu mayoritas masyarakat beragama Islam, maka meminum bir yang notabene mengandung alkohol harus dilarang.
Di sanalah kreativitas kuliner ala Betawi dimulai. Untuk menyaingi hangatnya bir dengan kandungan alkohol, masyarakat Betawi menciptakan bir yang dibuat dari rempah-rempah yaitu jahe, daun pandan, dan serai. Agar warna bir pletok lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang.Kayu itu kalau diserut dan diseduh dengan air panas akan mengeluarkan warna merah. Bir pletok sangat cocok dikonsumsi di sore hari atau pada saat cuaca sedang dingin. Kehangatan bir pletok didapat dari rempah-rempah.

Walaupun namanya bir, sama sekali tidak mengandung alkohol kok Teman-teman
Oh Iy, Di namain BIR PLETOK karena dulu diminum pake Batu Es dan ditaro di Gelas BAMBU, nah kalo di kocok2/goyang2 jd berbusa n bunyi "PLETAK-PLETOK"

0 comments:

Posting Komentar

Counter

Website counter

Blog Statistic

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
 
Copyright 2010 © Agonaldo